RSS Feed

AYO BERZAKAT

Jumat, 10 September 2010

Hillary Kutuk Rencana Pembakaran Al Qur`an

Liputan6.com, New York: Mentery Luar Negeri AS Hillary Clinton mengutuk rencana pembakaran Al Qur`an yang rencanannya akan dilakukan oleh sebuah sekte agama Dove World Outreach Centre dalam memperingati runtuhnya menara kembar WTC oleh serangan teroris, 11 September mendatang. Hillary menyebut aksi ini tercela dan rendah.
"Saya menyatakan secara jelas mengutuk tindakan pembakaran Qur`an yang saya nilai rendahan dan tidak bermartabat ini. Tidak peduli jika ini dilakukan oleh para pemimpin agama dari setiap kepercayaan, para pemimpin politik sekuler, ataupun para pembuat opini," jelasnya.
Ucapan bernada keras ini keluar dari mulut Hillary saat sang menteri berperan sebagai tuan rumah dan menyambut sejumlah tamu untuk berbuka puasa Ramadan di Kementrian Luar Negeri AS. Sebelumnya para pemimpin militer juga memperingatkan bahwa rencana pembakaran ini dapat memicu kemarahan dunia muslim dan membahayakan pasukan AS yang sedang bertugas di seluruh dunia.
Jenderal David Petraus, salah satu pejabat tinggi militer AS di Pakistan, meminta agar rencana ini diurungkan. "Foto-foto pembakaran ini (jika jadi dilakukan) akan digunakan oleh kaum ekstrimis di Afganistan--dan diseluruh dunia--untuk memicu opini publik dan membangkitkan kembali kekerasan. Tepatnya, ini merupakan tindakan yang akan dilakukan oleh Taliban dan dapat memunculkan sejumlah permasalahan serius," jelas David.
Pada 2005 lalu, 15 orang meninggal dan puluhan lainnya mengalami luka-luka dalam sebuha kerusuhan di Afganistan yang dipicu oleh sebuah artikel di majalah Newsweek yang menunding penyidik AS di penjara Guantanamo Bay telah membuang Qur`an kedalam lubang WC untuk memaksa seorang tahanan mengaku.(Telegraph/AYB)

0 komentar: